Transformasi Bisnis Digital mengacu pada perubahan dari bisnis tradisional ke bisnis digital. Bisnis digital melibatkan semua proses dan aktivitas yang terkait dengan perusahaan, terlepas dari ukuran dan kompleksitasnya. Bisnis digital juga melibatkan semua komponen lain dari sebuah perusahaan, seperti karyawan, proses, dan material.

Transformasi Bisnis Digital dapat diartikan sebagai integrasi operasi perusahaan ke dalam sistem komputer yang berjejaring. Transformasi Digital memiliki dua definisi yang berbeda. Salah satu definisi adalah solusi software-as-a-service (SaaS), definisi lainnya adalah platform-as-a-service (PaaS). Kedua definisi tersebut sama pentingnya.

Solusi SaaS melibatkan penggunaan perangkat lunak dan infrastruktur yang dihosting oleh penyedia luar. Vendor menyediakan perangkat lunak, dan perusahaan menginstalnya sendiri. Jenis solusi ini dapat dibandingkan dengan perusahaan hosting eksternal, yang menawarkan perangkat lunak. Namun, solusi SaaS membutuhkan investasi awal yang minimal. Satu-satunya biaya tambahan adalah perangkat lunak itu sendiri. Vendor menawarkan solusi jenis ini untuk berbagai industri, termasuk bisnis, pendidikan, perawatan kesehatan, dan bahkan pemerintahan. Solusi SaaS ini juga memberikan fleksibilitas dan kenyamanan bagi perusahaan dan klien mereka, karena mereka diinstal di server web.

Solusi platform-as-a-service mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan virtualisasi. Ini termasuk server, jaringan, ruang penyimpanan, dan aplikasi. Perangkat lunak ini umumnya dipasang di perangkat keras. Namun, platform juga dapat menyertakan beberapa jenis perangkat lunak yang dijalankan di server virtual. Solusi platform-as-a-service mengharuskan perusahaan membayar biaya di muka untuk memperoleh perangkat lunak.

Transformasi digital bisnis sangat dipengaruhi oleh komputasi awan. Dengan diperkenalkannya komputasi awan, perusahaan tradisional dipaksa untuk memikirkan kembali strategi mereka dan beradaptasi dengan tren baru pengembangan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) bisnis.

Komputasi awan memungkinkan Anda untuk menggunakan data perusahaan, file, aplikasi, dan informasi lainnya dalam lingkungan virtual, tanpa biaya untuk memasangnya di server fisik. Komputasi awan memungkinkan Anda mengakses data Anda dari mana saja di dunia, selama Anda memiliki koneksi internet. Komputasi awan tidak terbatas pada perusahaan besar dan perusahaan. Bisnis kecil dan menengah juga dapat memiliki akses ke sumber daya komputasi awan, tetapi untuk sebagian besar, ini akan bergantung pada perangkat lunak dan infrastruktur yang disediakan oleh penyedia SaaS.

Dalam hal mengelola bisnis Anda, sangat disarankan agar Anda menggunakan komputasi awan. Ini akan menghemat biaya dan masalah manajemen TI, karena Anda tidak lagi harus mengelola server capsaqq fisik untuk data perusahaan Anda. Komputasi awan adalah cara untuk meningkatkan produktivitas dan operasi bisnis Anda melalui penggunaan aplikasi perangkat lunak dan platform yang masing-masing dapat bekerja pada tingkat back-office dan aplikasi.

Komputasi awan adalah cara terbaik untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Ini memungkinkan karyawan Anda untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan dari mana saja, sambil meminimalkan biaya dan meningkatkan efisiensi.